12 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari yang Wajib Anda Lakukan

Banyak sekali aktivitas yang mampu kita lakukan setelah berdiri tidur di pagi hari, mulai dari berolahraga, belajar, melamun, dan lain sebagainya. 

Nah, kali ini saya akan membagikan 12 kebiasaan sehat yang mampu sahabat lakukan setelah berdiri tidur di pagi hari.

1.Bangun Pagi Sekali

Bangun pagi atau berdiri lebih awal, sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya sahabat membiasakan berdiri antara jam 3 atau jam 4 pagi, kedua waktu tersebut sangat cocok dan terbukti menyehatkan tubuh. Bangun lebih awal juga akan membuat tubuh sahabat lebih segar.

Beberapa manfaat yang didapatkan, bila sahabat berdiri lebih awal diantaranya adalah…

  1. Punya cukup waktu untuk berolahraga dan melaksanakan aktivitas lainnya
  2. Tubuh akan terasa lebih segar dan bugar
  3. Mencegah terjadinya penuaan dini
  4. Membuat tubuh nampak abadi muda
  5. Terhindar dari sifat malas

2.Luangkan Waktu untuk Berdoa

Setelah bangun, sebaiknya sempatkan waktu untuk berdoa terlebih dahulu. Berdoa punya banyak sekali manfaat dan keutamaan. Orang yang sering berdoa, hatinya akan tentram dan terhindar dari rasa khawatir serta banyak sekali macam pikiran negatif.

3.Sempatkan untuk Berimajinasi

Ini memang agak konyol, tapi memang harus kita akui bahwa imajinasi itu penting. Berimajinasi mengenai keinginan dan harapan akan membuat kita semakin bersemangat dan termotivasi untuk menggapai keinginan tersebut.

Imajinasi sering kali menghasilkan banyak sekali ide-ide gres yang inovatif dan terbarukan. Sobat pasti kenal dengan seorang ilmuan yang berjulukan Albert Einstein. Beliau ialah salah seorang yang mempercayai bahwa imajinasi itu penting.

Banyak  sekali aktivitas yang mampu kita lakukan setelah berdiri tidur di pagi  hari 12 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari yang Wajib Anda Lakukan


4.Rencanakan Apa yang Akan Anda Lakukan Hari Ini

Planing atau perencanaan merupakan dasar untuk meraih kesuksesan. Dengan adanya planing, semua aktivitas yang akan kita lakukan akan berjalan lancar dan terkordinasi.

Ketika berdiri tidur, sebaiknya sahabat menyempatkan waktu untuk merencanakan apa aktivitas sahabat hari ini, apa yang akan sahabat lakukan, dan dengan siapa melakukannya.

Jika hal tersebut dilakukan setiap hari dan menjadi kebiasaan, maka mampu dipastikan hidup sahabat akan lebih teratur, sehingga sahabat akan terhindar dari yang namanya stres.

5.Buat Target yang Realistis

Setelah melaksanakan perencanaan, sahabat juga harus membuat suatu target atau pencapaian yang ingin sahabat dapatkan hari ini. Misalnya, saya hari ini punya target untuk menerima nilai ulangan matematika 90.

Ingat ?

Sobat harus membuat target yang realistis atau target yang kemungkinan mampu sahabat capai. Jangan membuat target yang berlebihan dan tidak masuk akal. Misalnya, saya hari ini tidak belajar, tetapi saya punya target untuk menerima nilai ulangan matematika 100.

Memang hal menyerupai itu sah-sah saja dilakukan, tetapi bila sahabat sering mengalami kegagalan alasannya ialah tidak mampu mencapai target tersebut, maka kemungkinan terjadinya stres ataupun depresi akan semakin besar, dan itu artinya mengancam kesehatan sobat.

6.Minum Segelas Air Putih

Minum air putih setelah berdiri tidur merupakan kebiasaan wajib yang menyehatkan. Bayangkan, selama kita tidur kurang lebih 6-8 jam per malam, tubuh tidak menerima asupan cairan sedikit pun. Karena itu, minum air putih harus menjadi salah satu prioritas utama yang sebaiknya kita lakukan ketika berdiri tidur.

Beberapa manfaat yang kita dapatkan bila meminum air putih setelah berdiri tidur diantaranya adalah…

  1. Tubuh akan terasa lebih segar dan rasa mengantuk pun akan hilang secara perlahan
  2. Bermanfaat membuang racun dalam tubuh
  3. Menyehatkan dan membersihkan kanal pencernaan
  4. Melancarkan peredaran darah dan pasokan oksigen ke seluruh tubuh
  5. Menstabilkan proses metabolisme


7.Minum Madu dengan Air Hangat

Ini ialah pilihan opsional, artinya boleh sahabat lakukan ataupun tidak. Tetapi akan lebih baik bila sahabat melakukannya. 

Meminum madu yang dicampur dengan air hangat akan membuat kondisi perut di pagi hari menjadi lebih nyaman, sehingga terhindar dari kembung dan juga sembelit. 

Meminumnya secara rutin akan membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan usus.

8.Olahraga

Waktu yang paling baik untuk olahraga ialah di pagi hari, setelah kita berdiri tidur. Sebab, selama kita tidur, anggota tubuh sama sekali tidak digerakan secara aktif. 

Karena itu, ketika berdiri tidur, tubuh harus kita gerakan secara aktif dengan cara berolahraga semoga semua organ tubuh kembali bekerja optimal menyerupai semula.

Berolahraga ringan di pagi hari menyerupai berjalan, jogging, bersepeda, dan olahraga lainnya akan menjaga tubuh sahabat tetap bugar dan membantu meningkatkan konsentrasi ketika bekerja. 

Sobat tidak harus melakukannya dalam waktu lama, 30 menit atau satu jam berolahraga sudah lebih dari cukup. Yang terpenting, sahabat harus melakukannya setiap hari secara rutin.

9.Jangan Lupa Mandi

Pasti sudah pada tahu kan kalo mandi itu wajib kita lakukan setiap harinya. Mandi merupakan upaya untuk membersihkan tubuh dari banyak sekali kotoran yang menempel. 

Mandi yang dilakukan di pagi hari setelah berdiri tidur sangat efektif untuk mengusir rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi segar.

10.Sarapan yang Sehat

Sarapan bukan hanya asal kenyang saja, tetapi harus sarapan sehat. 

Seperti apa sarapan sehat ? 

Yang pastinya menu sarapannya merupakan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi, mulai dari nasi, buah, sayuran, dan susu sebagai pelengkap.

11.Minumlah Jus Buah

Meminum jus buah atau sayuran di pagi hari jauh lebih baik dibanding meminum minuman berkafein menyerupai kopi dan teh. Kafein memang mempunyai khasiat stimulan yang dapat menghilangkan rasa kantuk, tetapi konsumsi minuman kafein yang berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

12.Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Berjemur di bawah sinar matahari pagi memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari menyehatkan tulang, menghaluskan dan menutrisi kulit, dan juga membuat tubuh abadi muda. Sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang mengagumkan untuk kesehatan tulang, sedangkan kadar radiasi UltraViolet di pagi hari sangat minim, sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Itu lah 12 hal yang harus anda lakukan di pagihari…Mari kita budayakan hidup sehat setiap hari..Jangan lupa komentar dan follow ya..

Terimakasih.
Sumber :


Sumber http://malessi.blogspot.com