7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Unduh Dari Play Store

– Berhasil! Cara mengatasi gagal unduh aplikasi Android dari play store. Tablet dan Smartphone Android yang kita gunakan akan sangat lebih maksimal untuk digunakan kalau banyak aplikasi yang terpasang. Tidak terbatas, baik itu aplikasi untuk meningkatkan produktifitas, hiburan, media jejaring sosial atau bahkan game. Apalagi kalau Smartphone atau Tablet Android yang kita gunakan merupakan produk unggulan. Entah itu Samsung Galaxy, Asus Zenfone, Soni Xperia, LG, Motorola, Smartfren Andromax, Advan maupun produk flagsip lainnya.
Disisi lain duduk perkara pun akan muncul, ketika aplikasi bawaan dirasa kurang begitu maksimal untuk membantu aktifitas harian kita, maka kita pun membutuhkan aplikasi aksesori yang harus di unduh dari play store. Cara mendownload dan memasang aplikasi dari play store sangat mudah, kita hanya perlu log in, mencari aplikasi lalu tap tombol install. Hanya saja beberapa pengguna akan mengalami duduk perkara pada ketika menjalani prosesnya. Apalagi kalau bukan gagal download atau bahkan tidak mampu unduh dari play store. Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Mengatasi Tidak Bisa Unduh Aplikasi Dari Play Store

Penyebab Tidak Bisa Unduh Aplikasi Dari Google Play Store

Jika berbicara wacana penyebab, tentu saja antara pengguna satu dengan lainnya akan mengalami duduk perkara berbeda. Simak penjelasan berikut ini.

  1. Koneksi internet yang lambat. Saya berbicara wacana paket data dari kartu SIM dimana kitapun memakainya untuk menjalankan aplikasi GPS, facebook, BBM, Whatsapp dan aplikasi lain yang bekerja pada latar sehingga pada ketika aplikasi play store meminta jatahnya ia tidak kebagian koneksi internet tersebut.
  2. Terdapat pesan “Penyimpanan yang tersedia tidak cukup” atau “insufficient storage available”. Petunjuk yang sangat baik ini memberitahukan bahwa kita harus menyediakan ruang penyimpanan untuk aplikasi gres yang akan kita download.
  3. Terlalu banyak cache yang tidak dibersihkan. Cache merupakan file sementara yang dibuat otomatis oleh setiap aplikasi Android untuk mempercepat kinerja mereka. Namun tahukan anda bahwa file sementara ini mampu rusak dan menghambat terhadap proses lain yang menjadikan terjadinya error.

Cara Mengatasi Gagal Unduh Aplikasi Dari Google Play Store

Diatas hanya penyebab umum yang sering terjadi alasannya masih banyak alasan lain kenapa tidak mampu unduh aplikasi dari play store. Lakukan cara untuk mengatasinya berikut ini.

  1. Ubah APN (Acess Point Name). Dengan melaksanakan cara ini kita akan menggunakan APN alternatif sesuai dengan layanan dari kartu SIM yang anda gunakan dengan tujuan untuk mempercepat koneksi internet.
  2. Buka aplikasi Play Store lalu tap My Apps. Disana anda akan melihat aplikasi yang telah terpasang. Batalkan proses install dan proses update.
  3. Tap Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Google Play Store lalu tap “Clear Cache” dan “Clear Data”. Kita membersihkan cache dari aplikasi google play store saja.
  4. Tap Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Google Play Store lalu tap “Uninstall updates”. Dengan melaksanakan cara ini, aplikasi Google play store akan kembali ke versi awal sempurna pada ketika pertama kali kita menggunakan Smartphone tersebut.
  5. Aktifkan Unduh Manager. Tap Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Unduh Manager lalu tap “Enable”.
  6. Matikan Smartphone atau Tablet Android anda kemudian lepas baterai, memori eksternal (MicroSD) dan kartu SIM. Biarkan chipset tidak mendapatkan energi dari baterai selama beberapa menit setelah itu hidupkan kembali.
  7. Lakukan factory reset atau coba untuk unduh aplikasi dengan kartu SIM baru.

Baca juga :

Cara diatas merupakan cara yang biasa saya lakukan ketika gagal dan tidak mampu unduh aplikasi dari play store. Lakukan langkah tersebut dan biar berhasil untuk unduh aplikasi gres di Smartphone dan Tablet Android.