Angin Fohn


Angin fohn ialah angin jatuh yang panas dan kering. Maksud angin jatuh ialah angin yang menuruni lereng gunung setelah sebelumnya bergerak naik ke puncak gunung. Pada dikala angin tersebut naik ke puncak gunung, angin tersebut mengalami penurunan suhu dan terjadi pengembunan kemudian turun hujan. 

Pada dikala melewati puncak gunung, angin tersebut telah kering dan turun melewati puncak. Namun, suhu angin tersebut naik ketika bergerak turun menuju lembah. Bahkan, ketika sampai lembah, angin tersebut suhunya lebih tinggi dari suhu udara di lembah tersebut, sehingga orang yang tinggal di lembah akan mencicipi adanya aliran angin yang panas dan kering.

Angin ini pada awalnya dikenal di Jerman dan Austria, yaitu di lereng utara pegunungan Alpen. Namun, ternyata angin tersebut juga ada di kawasan lain seperti di Amerika Serikat dan Kanada dengan nama Angin Chinook. 

Di Indonesia juga dikenal sejumlah nama yang bekerjsama juga merupakan angin fohn. Angin tersebut dinamai berbeda-beda, yaitu Angin Bohorok di Deli Utara Sumatera Utara, Angin Kumbang di Cirebon, Angin Gending di Probolinggo Jawa Timur, Angin Brubu di Ujungpandang Sulawesi Selatan, dan Angin Wambrau di Daerah Yapen dan Biak Papua.