Batas Pendengaran Manusia


Berdasarkan hasil penelitian, pendengaran insan hanya dapat mendengar suara yang frekuensinya antara 20 Hz hingga 20.000 Hz. Bunyi dengan getaran antara 20 Hz hingga 20.000 Hz dinamakan audiosonic. Bunyi dengan getaran kurang dari 20 Hz dinamakan infrasonic (infra = bawah, sono = bunyi).

Beberapa binatang yang dapat mendengar suara infra antara lain jengkerik dan anjing. Bunyi dengan getaran lebih dari 20.000 Hz dinamakan ultrasonic (ultra = lebih, sonic = bunyi). Beberapa binatang yang dapat mendengar suara ultrasonik antara lain kelelawar dan lumba-lumba.



Kegunaan ultrasonik antara lain sebagai berikut.
a. Untuk kelelawar,
Bunyi ultrasonik digunakan sebagai alat kontrol semoga kelelawar terhindar dari ukiran dengan benda-benda di depannya, dengan jalan kelelawar selalu memancarkan gelombang-gelombang ultra sonik pada waktu terbang. Jika kelelawar menangkap kembali suara ultra soniknya berarti di depannya terdapat halangan dengan demikian ia terhindar dari tabrakan.

b. Dalam bidang kedokteran
Ultrasonik digunakan untuk mempelajari bagian-bagian dalam badan yang tidak boleh terkena sinar X, misalnya janin dalam kandungan.

c. Dalam bidang industri
Ultrasonik digunakan untuk menemukan keretakan bab dalam dari sambungan logam, mengaduk campuran susu semoga homogen, memusnahkan bakteri pada makanan yang diawetkan dalam kaleng.