Cara Membuat Gambar Animasi Gif Bergerak Dengan Photoscape

Untuk menciptakan suatu gambar animasi GIF yang bergerak, setidaknya kita memerlukan sebuah software sebagai salah satu alat pembuatannya. Photoshop ialah sebuah aplikasi yang bisa dipakai untuk membuatnya dan populer anggun kualitas hasilnya. Tetapi jikalau anda ingin membuatnya dengan cara yang lebih gampang dengan hasil yang sudah lumayan, maka salah satu pilihannya ialah menggunakan PhotoScape.

Aplikasi ini merupakan salah satu kegiatan editing photo yang bisa kita andalkan untuk menciptakan gambar animasi bergerak. Memang kalau kita lihat ini sangat sederhana dan tools yang disediakan terbatas sekali, tapi setidaknya anda mempunyai kreasi dan imajinasi yang tinggi.

Sehingga nantinya akan menghasilkan sebuah animasi yang bagus. Meski menggunakan software edit foto terbaik pun kalau tidak ada keahlian yang mumpuni sama saja bohong.
Sekarang anda bisa kreasikan sesuai kemampuan masing-masing dengan sedikit tutorial dasar menciptakan animasi GIF menggunakan PhotoScape. Ini ialah salah satu contah animasi yang telah aku buat menggunakan Photoscape.

 Untuk menciptakan suatu gambar animasi GIF yang bergerak Cara Membuat Gambar Animasi GIF Bergerak dengan PhotoScape

Walaupun karenanya tidak begitu menakjubkan, setidaknya bisa menciptakan animasi sendiri dengan gampang dan gratis. Untuk menciptakan hasil demikian tidak hingga memerlukan waktu berjam-jam, aku hanya butuh waktu beberapa menit saja.

Langkah-Langkah Membuat Animasi dengan PhotoScape
1. Pastikan anda sudah menyediakan beberapa foto yang ingin dijadikan gambar bergerak, pola di atas aku menggunakan gambar motor Ninja sebanyak 4 biji saja karenanya sudah lumayan. Kamu bisa menggunakan gambar lebih banyak lagi akab lebih bagus, akan tetapi memerlukan waktu yang usang pastinya.

2. Software PhotoScape sudah ada atau belum? Kalau belum memilikinya untuk segera dapatkan dengan download melalui situs resmi di www.photoscape.org.

3. Kalau begitu, selanjutnya kita buka software PhotoScape yang telah terinstall di komputer atau laptop.

4. Setelah terbuka dihalaman utama, perhatikan menu-menu yang ada dan anda pilih Animaterd GIF.
 Untuk menciptakan suatu gambar animasi GIF yang bergerak Cara Membuat Gambar Animasi GIF Bergerak dengan PhotoScape
5. Buka folder yang berisi foto-foto untuk diedit menjadi animasi, semoga tidak repot kumpulkan dulu foto yang mau disiapkan pada folder dengan nama khusus.
6. Setelah ditemukan foto-fotonya silahkan anda seret satu-persatu hingga jumlah yang diinginkan, kalau tata letak urutannya salah bisa seret ke kawasan urutan yang diinginkan.
 Untuk menciptakan suatu gambar animasi GIF yang bergerak Cara Membuat Gambar Animasi GIF Bergerak dengan PhotoScape
– Setelah semua gambar dipindahkan ke kepingan atas, silakan Anda klik “Change time” dan sesuaikan durasi berubah-ubahnya gambar sesuai harapan Anda.
– Klik “Change effect” untuk menentukan effect sesuai selera Anda.
7. Apabila ingin memberi durasi dan imbas yang berbeda antara satu gambar dengan gambar yang lainnya, anda bisa klik icon segi tiga kecil dibawah masing-masing foto, maka disitu bisa kita merubahnya.
 Untuk menciptakan suatu gambar animasi GIF yang bergerak Cara Membuat Gambar Animasi GIF Bergerak dengan PhotoScape
Change display time : Untuk ubah durasi atau kecepatan slide.
8. Kalau sudah yakin dan puas dengan tayangan gambar animasi yang telah anda buat, terakhir silahkan klik Save untuk menyimpannya kemudian cek hasilnya.
Besarnya file yang dihasilkan dari gambar animasi GIF yang kita buat, tergantung banyaknya foto yang kita selipkan di dalamnya. Jadi bagi Anda yang ingin hasil fotonya untuk dijadikan DP BBM Android, sebaiknya ukuran sesudah jadi animasi GIF maksimum 35 KB. Jika ukurannya lebih dari ukuran tersebut, maka animasi GIF tidak bisa tampil tepat di layar perangkat kelas atas yang anda gunakan.
Demikian tutorial yang bisa kami sampaikan mengenai cara menciptakan gambar animasi GIF bergerak dengan Photoscape. Melalui softwre tersebut kita tidak perlu edit foto secara online, sebab ini gratis serta dalam bentuk aplikasi untuk OS Windows (NT/2000/XP/Vista/7/8/10).


Sumber https://www.menitinfo.com