Cikal Bakal Komputer


Pada awalnya, bentuk komputer memang tidak ibarat yang kita kenal sekarang. Komputer yang diciptakan insan mula-mula berasal dari mesin hitung. Mesin hitung atau kalkulator mekanis yang merupakan cikal bakal komputer digital. ditemukan pada 1642 oleh seorang filsuf dan matematikawan Prancis berjulukan Blaise Pascal. Mesin ini bekerja dengan menggunakan sepuluh roda gigi dan hanya bisa melaksanakan operasi penambahan. Kalkulator ini dibuat bertahun-tahun. Pascal merancang mesin ini untuk membantu pekerjaan ayahnya, seorang kolektor pajak. Alat ini tidak dapat dipercaya dan mahal. Meskipun dibuat dengan indah, yang terjual hanya 15 buah.



Selanjutnya, pada tahun 1670, seorang filsuf dan matematikawan Jerman berjulukan Gottfried Wilhelm Leibniz (dibaca  gotfrid wilhelem leibniz ) menyempurnakan mesin ini dengan kemampuan melaksanakan operasi pembagian. Pada tahun 1804, Joseph Mari Jacquard, pemilik pabrik tekstil asal Paris, menemukan metode untuk mengendalikan benang yang menggulung pada mesin rajut karpet. Inilah metode yang merupakan ‘program’ pertama.



Pada kala ke-19, seorang matematika wan berkebangsaan Inggris, Charles Babbage (dibaca carles bebej), memperkenalkan prinsip awal komputer digital modern. Pada tahun 1823, Babbage merancang mesin penghitung yang dapat mengerjakan hitungan rumit dan mencetak hasilnya. Mesin ini menggunakan roda gigi untuk mengerjakan hitungan. Mesin ini terlalu rumit sehingga tidak terselesaikan. Karena penemuannya ini, Charles Babbage disebut-sebut oleh banyak andal sejarah sehagai bapak komputer. Selanjutnya, lahirlah mesin hitung elektronik pada masa Perang Dunia II. Mesin buatan Inggris yang sangat besar ini berjulukan Colassus (dibaca kolasus) dan digunakan untuk memecahkan isyarat diam-diam musuh. Selain itu, ada pula mesin buatan Amerika yang beratnya hingga 30 ton. Akan tetapi, mesin-mesin ini sebetulnya bukan komputer sebab memang tidak memiliki memori (alat penyimpan) ibarat halnya komputer. Mesin-mesin ini hanya merupakan cikal bakal lahirnya alat yang disebut komputer digital modern.