Daftar Negara yang Berada Dekat Kutub Utara & Kutub Selatan

Di planet bumi terdapat dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.  Kedua kutub planet bumi ini biasanya digambarkan berada di bab paling atas planet dan bab paling bawah planet kita.  Kutub utara berada di ujung atas dan kutub selatan berada di ujung bawah peta maupun globe.  Kutub-kutub bumi tersebut ialah tempat-tempat yang paling jauh dari matahari sehingga suhunya pun sangat hambar sekali.  Dengan demikian sangat wajar apabila kutub utara dan kutub selatan selalu diselimuti oleh es sepanjang tahun.

Walaupun tempat kutub ialah tempat yang sangat hambar alasannya ialah ditutupi oleh salju dan es, insan tetap saja ada yang tinggal di kutub utara dan juga kutub selatan.  Kutub utara lebih banyak didiami insan daripada kutub selatan alasannya ialah memang suhu di kutub utara lebih tinggi atau lebih panas dibandingkan dengan suhu di tempat kutub selatan.  Jika anda bisa bertahan di dinginnya suhu di bawah nol derajat celsius maka anda boleh tinggal di area kutub yang dingin.

Daftar Negara-Negara yang Berada Dekat Dengan Kutub Utara (North Pole)

1. Negara Islandia (Iceland)
2. Negara Rusia (Russia)
3. Negara Kanada (Canada)
4. Negara Norwegia (Norway)
5. Negara Swedia (Sweden)
6. Negara Finlandia (Finland)
7. Negara Amerika Serikat (United States)
8. Negara Denmark di Pulau Greenland (Wilayah di luar negara Denmark)

– Kutub utara berada erat dengan benua eropa dan benua amerika bab utara.

Daftar Negara-Negara yang Berada Dekat Dengan Kutub Selatan (South Pole)

1. Negara Selandia Baru (New Zealand)
2. Negara Chili (Chile)
3. Negara Argentina
4. Negara Australia
5. Negara Afrika Selatan (South Afrika) di Pulau Marion dan Tanjung Agulhas (Wilayah di luar negara Afrika Selatan)
6. Negara Inggris (United Kingdom) di Pulau Orkney Selatan (Wilayah di luar negara Inggris)

– Kutub utara berada erat dengan benua australia dan benua amerika bab selatan.

Apabila anda tertarik dengan tempat kutub anda bisa mengunjungi kutub utara maupun kutub selatan.  Namun biasanya biaya transportasinya relatif lebih mahal alasannya ialah jaraknya yang memang sangat jauh dari negara kita Indonesia dan bila melewati jalur laut membutuhkan kapal pemecah es supaya bisa mencapai daratan kutub utara dan kutub selatan.  Belum lagi wilayah kutub selatan yang memiliki lubang ozon yang cukup besar akan memaksa anda untuk menggunakan perangkat khusus anti radiasi.