Hewan-Hewan Unik di Dunia

Ciri khusus pada hewan digunakan untuk memperoleh makanan dan melindungi dirinya. Perlindungan diharapkan untuk mengatasi serangan musuh. Selain itu, ciri khusus tersebut juga memiliki kegunaan untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Kelelawar

Kelelawar dapat terbang di malam yang gelap. Tentunya tanpa menabrak benda yang ada di depannya. Saat terbang, kelelawar mengandalkan pendengaran sebagai indra pendengarannya. Kelelawar akan mengeluarkan bunyi dari mulutnya. Getaran bunyi dengan frekuensi tinggi tersebut mengenai benda di depannya, kemudian dipantulkan kembali. Pantulan bunyi tersebut selanjutnya akan diterima pendengaran kelelawar. Oleh alasannya yaitu itu, kelelawar dapat menentukan jenis arah serta jarak benda di depannya. Kelelawar juga menggunakan penciumannya yang peka untuk memperoleh makananannya.

Makanan kelelawar yaitu buah dan serangga kecil. Dari kejauhan kelelawar dapat mencium buah yang masak dengan indra penciumannya. Kelelawar termasuk hewan bertulang belakang yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Kelelawar menyukai tempat tinggal yang gelap mirip gua, loteng dan langit-langit rumah. Ada juga kelelawar yang menggantung di ranting-ranting pohon. Kelelawar akan keluar ketika malam tiba untuk mencari makan. Untuk bergantung pada batuan di dalam gua, kelelawar memiliki cakar di adegan atas sayapnya.
Cicak
Cicak dapat menempel di dinding atau langit-langit rumah. Mengapa demikian? Hal ini alasannya yaitu cicak memiliki kaki yang sangat berpengaruh dan perekat di telapak kakinya. Makanan cicak biasanya berupa serangga kecil mirip nyamuk. Lidahnya yang panjang dapat digunakan untuk menangkap mangsanya (serangga) yang terbang. 
Ciri khusus pada cicak juga dimiliki oleh tokek. Pernahkah kau melihat cicak yang ekornya putus? Cicak akan memutuskan ekornya untuk melindungi diri dari pemangsanya. Untuk mengelabui pemangsanya, cicak akan melepaskan ekor dari tubuhnya ketika tertangkap. Selanjutnya, cicak dapat berlari menghindar dari pemangsanya. Bagian ekor yang putus tersebut akan tumbuh lagi setelah beberapa minggu.

Bebek

Bebek mencari makanan di air dan tempat yang becek mirip di lumpur. Makanan angsa berupa biji-bijian dan cacing yang terendam di dalam air. Kaki angsa memiliki selaput untuk memudahkannya mencari makanan di lumpur. Jari-jari kakinya yang berselaput membuat angsa tidak terbenam ketika mencari makan di lumpur. Bentuk paruhnya yang tidak terlalu runcing memudahkan angsa mencari cacing di dalam lumpur.

Katak

Katak termasuk kelas amfibi. Artinya, katak dapat hidup di air dan di darat. Mereka hidup di lingkungan yang berair semoga kulitnya tidak mengalami kekeringan. Perhatikanlah lingkungan sekitarmu. Kita sering sulit membedakan bentuk katak dari dedaunan dan batu-batuan di sekelilingnya. Mengapa demikian? Katak memiliki kemampuan untuk menyamarkan warna kulit mirip warna lingkungan sekitarnya. Kemampuan mirip ini disebut mimikri. Oleh alasannya yaitu itu, katak dapat mengelabui mangsa dan aman dari serangan musuhnya.

Warna kulit yang dapat berubah-ubah membuat musuhnya tidak menyadari kehadiran katak. Makanan katak berupa serangga-serangga kecil. Katak menangkap mangsanya dengan pengecap yang panjang dan lengket. Serangga yang disambar katak menjadi kesulitan untuk bergerak dan menghindar. Lidah yang panjang dan lengket juga dimiliki bunglon dan landak pemakan semut.

Ular

Banyak insan takut dengan ular. Ini alasannya yaitu beberapa jenis ular mempunyai zat beracun. Zat ini disebut bisa. Ular kobra yaitu teladan ular berbisa. Ular kobra membunuh mangsanya dengan cara menggigit. Gigitan ular kobra akan membuat bisa mengalir dari gigi menuju badan mangsanya. Zat beracun tersebut dapat mematikan mangsanya. 
Ular tidak berbisa contohnya piton. Piton membunuh mangsanya dengan membelitkan tubuhnya ke badan mangsanya. Belitan ular tersebut sangat berpengaruh sehingga dapat menimbulkan final hidup mangsanya. Ular memakan mangsanya dengan cara ditelan secara utuh. Hal ini berbeda dengan hewan karnivora lainnya. Biasanya akan mengunyah atau mencabik makanannya. Ular dapat menelan mangsa yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya sendiri. Ular memiliki susunan rahang yang melekat longgar dan tidak memiliki tulang dada. Hal ini menyebabkan tulang rusuknya dapat melewatkan mangsanya yang besar.

Unta

Pernahkah kau melihat unta? Unta biasa hidup di tempat yang kering dan gersang mirip di padang pasir. Unta dapat meneguk air sekaligus banyak pada ketika minum. Ini alasannya yaitu unta mempunyai punuk di punggungnya. Mengapa pada punggung unta terdapat punuk? Punuk berisi lemak tempat menyimpan cairan. Oleh alasannya yaitu itu, unta bisa melaksanakan perjalanan jauh dan lama tanpa makan dan minum. Lemak pada unta merupakan sumber energi. Punuk unta akan berkerut jikalau kehabisan lemak. Unta memiliki satu sampai dua punuk di punggungnya.

Burung Hantu

Burung hantu keluar pada malam hari untuk mencari makanan. Selanjutnya, akan tidur pada siang hari. Burung hantu juga memiliki indra pendengaran dan penglihatan yang sangat peka. Burung hantu dapat melihat di kegelapan. Untuk menyerap cahaya yang ada, pupil pada matanya akan terbuka lebar. Selain itu, bola mata burung hantu bisa bergerak cepat untuk memusatkan benda di sekitarnya. Mata burung hantu terletak di adegan depan kepala. Untuk melihat ke belakang, kepala burung hantu dapat berputar dengan lentur. Burung hantu dapat terbang tanpa suara. Oleh alasannya yaitu memiliki bulu-bulu yang lembut.
Burung hantu akan mengeluarkan teriakan-teriakan ketika berburu. Mereka juga memiliki pendengaran yang sangat peka alasannya yaitu memiliki pendengaran berukuran besar. Dengan pendengarannya ini, mereka bisa mendengar bunyi mangsa yang bergerak ketakutan alasannya yaitu mendengar teriakannya itu. 

Elang

Pernahkah kau melihat elang? Mungkin kau belum pernah melihatnya secara pribadi atau kau hanya melihatnya di televisi atau gambar. Elang memiliki ciri khusus. Apakah ciri khusus yang dimiliki elang? Elang yaitu salah satu burung pemakan daging. Ciri khusus burung elang yaitu memiliki indra penglihatan yang tajam dan bisa terbang sampai ribuan meter.

Menurutmu, apakah fungsi utama indra penglihatan yang tajam dari burung elang tersebut? Dan bagaimana hal ini bisa terjadi? Elang dapat melihat benda secara rinci di tanah yang jauh di bawah. Elang juga bisa terbang sampai ketinggian ribuan meter. Mata elang bersudut pandang 300 derajat dan bisa memperbesar penampakan benda enam sampai delapan kali dari penampakan awalnya.
Pada ketinggian 4.300 meter, elang dapat melihat 30.000 hektar tempat di sekelilingnya. Pada ketinggian 1.500 meter, elang dapat melihat gerakan atau perbedaan warna benda untuk menentukan letak mangsanya. Nah bagaimana hal ini dapat terjadi? Elang memiliki aneka macam sel kerucut yang peka cahaya pada retina matanya. Sel-sel tersebut mengumpulkan cahaya dan mengirimkannya ke otak. Sebagai perbandingan, jumlah sel kerucut mata insan tidak sebanyak yang dimiliki elang.

Laba-Laba

Berjalan pada permukaan langit-langit merupakan keahlian hebat yang dimiliki seekor laba-laba. Para mahir telah meneliti bahwa pada adegan bawah telapak kaki laba-laba terdapat serangkaian rambut-rambut panjang (setae).

Di adegan permukaan ujung bawah atau adegan telapak dari masing-masing rambut ini tertutupi oleh rambut-rambut yang jauh lebih kecil lagi (setule) dengan ujung berbentuk segitiga. Adanya rambut pada telapak kaki ini menyebabkan gaya tarik-menarik dengan dinding.
Umumnya laba-laba mempunyai bisa atau racun untuk melumpuhkan mangsanya. Letak sepasang kelenjar bisa di depan thoraks dan disuntikkan melalui ujung cakarnya. Kekuatan bisa laba-laba tergantung pada jenis dan ukuran laba-laba. Umumnya, bisa laba-laba hanya mematikan serangga dan hewan vertebrata kecil.

Bunglon

Apa warna kulitmu? Ketika kau duduk di lantai masih samakah warna kulitmu dengan warna semula? Ataukah berubah warna mirip lantai? Pernahkah kau melihat hewan yang warna kulitnya sama dengan warna lingkungan sekitar? Kenapa dapat mirip itu? Penasaran, kan? Semua yang ada pada makhluk hidup pasti ada tujuan dan manfaatnya. Seperti bunglon, kenapa dapat berubah warna setiap  saat, di manapun dan kapanpun berada?

Makanan bunglon berupa serangga-serangga kecil, misalnya belalang, capung, dan jangkrik. Serangga-serangga tersebut bergerak amat cepat sementara bunglon gerakannya lambat. Tahukah kamu, bagaimana cara bunglon menerima makanan tersebut?
Bunglon dapat mengubah warna kulit tubuhnya menyamai sekelilingnya sehingga sukar dikenali. Selain itu, tiap matanya dapat melihat pada arah yang berbeda. Jika salah satu matanya melihat seekor serangga, bunglon akan mengendap-endap menuju mangsanya.
Dengan menggunakan matanya yang tajam, bunglon dapat memperkirakan ukuran jarak dengan mangsanya. Jika mangsa memungkinkan untuk dicapainya, bunglon melontarkan lidahnya yang lengket. Lidah yang panjangnya hampir sepanjang tubuhnya itu untuk menangkap mangsanya, kemudian menarik serangga tersebut ke dalam mulutnya.

Kucing

Pernahkan kau mendengar langkah kaki kucing? Mengapa kucing tidak bersuara dalam melangkah? Karena, kucing memiliki dua ciri khusus. Pertama yaitu kakinya. Kaki kucing memiliki lapisan empuk dan tebal yang memiliki kegunaan untuk menyembunyikan kukunya. Pada ketika berjalan kukunya ditarik masuk sehingga tidak bersuara, sehingga musuh tidak mendengar ketika didekatinya.
Perhatikan pula posisi kuku ketika sedang membisu dan pada ketika siap untuk menerkam! Pada waktu santai, kuku ditarik masuk ke dalam alas di kaki. Namun dalam keadaan siap menerkam, kukunya ditegangkan dan dikeluarkan dari posisi istirahat. Ciri kedua yaitu matanya. Pernahkan kau melihat mata kucing dalam gelap? Matanya bersinar? Ya, betul! Hal ini alasannya yaitu mata kucing sangat tajam sehingga bisa melihat dalam gelap. Semua makhluk dirancang dengan ciri-ciri khusus yang membuatnya dapat bertahan hidup di lingkungannya. Semua itu yaitu ciptaan Allah yang Maha Kuasa.

Gajah

Gajah mempunyai belalai untuk mencari makan. Gajah mempunyai daun pendengaran yang besar, serta kulit yang tebal dan berkerut. Daun pendengaran yang besar sering dikibas-kibaskan untuk mengusir hewan kecil yang mengganggunya. Kulitnya yang berkerut memiliki kegunaan untuk memperluas permukaan tubuh, sehingga mudah menghilangkan panas tubuh. Bulu yang tumbuh pada tubuhnya pendek dan tipis, jadi gajah tidak kepanasan.