Langkah Langkah Metode Ilmiah

Langkah Langkah Metode Ilmiah | Metode ilmiah adalah prosedur atau cara untuk mengetahui sesuatu yang mempunyai langkah-langkah bersiklus dan sistematis. Langkah-langkah sistematis dalam metode ilmiah ialah langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk memperoleh ilmu pengetahuan (sains), sehingga diperoleh pengetahuan yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Pengetahuan yang diperoleh dengan metode ilmiah diperoleh melalui kerja ilmiah, didasarkan atas persepsi indrawi, melibatkan uji teori tertentu. Metode ilmiah dapat juga diartikan sebagai pengkajian dari peraturan-peraturan yang terdapat dalam metode.
Langkah Langkah Metode Ilmiah
Ilustrasi
Langkah-langkah dalam metode ilmiah, antara lain sebagai berikut:
  • Merumuskan Masalah: Langkah pertama dalam melaksanakan penyelidikan atau penelitian ialah menetapkan problem yang akan dipecahkan. Masalah harus dirumuskan secara jelas. Hal-hal yang harus diperhatikan di dalam merumuskan masalah, yaitu: Masalah hendaknya dinyatakan dalam bentuk kalimat tanya; Rumusan problem hendaknya singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami; Rumusan problem hendaknya merupakan problem yang kemungkinan dapat dicari cara pemecahannya.
  • Menyusun Kerangka Teori: Kerangka teori merupakan penjelasan sementara dari gejala atau problem dan objek yang akan diteliti. Seorang peneliti (ilmuwan) harus mengetahui teori-teori yang bekerjasama dengan objek tersebut. Teori mengenai objek yang akan diteliti dapat diperoleh melalui acuan maupun sumber bacaan, menyerupai buku, majalah ilmiah, buletin ilmiah, atau hasil penelitian terdahulu.
  • Merumuskan Tujuan dan Hipotesis: Pernyataan yang dirumuskan sebagai tanggapan sementara terhadap pertanyaan penelitian disebut hipotesis penelitian. Sementara itu, tujuan penelitian merupakan maksud yang terkandung dalam aktivitas penelitian.
  • Memilih Alat Pengumpul Data: Alat pengumpul data (instrumen) merupakan alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan data penelitian. Kualitas data sangat ditentukan oleh alat pengumpul data. Alat pengumpul data dapat berupa lembar pengamatan atau panduan pengamatan, angket, daftar cocok, skala, aliran wawancara, dan soal ujian.
  • Mengumpulkan Data: Kegiatan mengumpulkan data bertujuan untuk memperoleh data atau gosip yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan penelitian. Untuk memperoleh data, diharapkan metode yang sesuai dengan tujuan penelitian yang akan dicapai. Di antara metode pengumpulan data tersebut ialah pengamatan (observasi), wawancara, angket (kuesioner), ujian atau tes, dan dokumentasi.
  • Mengolah dan Menganalisis Data: Data yang telah dikumpulkan oleh peneliti tidak akan ada gunanya bila tidak diolah dan dianalisis. Langkah pertama dalam mengolah data ialah mengelompokkan data sesuai dengan sifat dan jenis data. Untuk data kuantitatif (data berupa angka atau nilai) dapat disajikan dalam bentuk tabel atau grafik. Penyajian data dalam bentuk tabel atau grafik akan memudahkan kerja pada tahap-tahap selanjutnya.
  • Membuat Kesimpulan: Kesimpulan merupakan tujuan yang akan dicapai dalam keseluruhan proses penelitian. Kesimpulan harus berkaitan dengan hipotesis, Apakah hipotesis itu benar untuk diterima ataukah hipotesis tersebut ditolak. Apakah hasil penelitian yang diperoleh akan berlaku secara umum ataukah hanya berlaku pada kondisi khusus saja. Selain itu, saran-saran apa yang dapat ditarik dan hasil penelitian tersebut.
Sekian uraian perihal Langkah Langkah Metode Ilmiah, agar bermanfaat.