Pengertian Agama Menurut para Ahli

Pengertian Agama Menurut para Ahli | Agama berasal dari kata berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu dari kata a yang artinya tidak dan kata gama yang artinya kacau. Jadi, “agama” artinya tidak kacau. Agama dilihat sebagai kepercayaan dan contoh perilaku yang dimiliki oleh insan untuk menangani masalah. Agama yakni suatu sistem yang dipadukan mengenai kepercayaan dan praktik suci. Agama yakni pegangan atau aliran untuk mencapai hidup kekal. Agama yakni konsep kekerabatan dengan Tuhan. Tidak mudah untuk menguraikan pengertian agama, dalam kenyataannya para mahir dalam hal pengertian agama berselisih pendapat perihal defenisi agama, tak terkecuali mahir sosiologi dan antropologi.
Pengertian Agama
Berikut ini beberapa Pengertian Agama Menurut para Ahli:
  • Pengertian Agama Menurut Anthony F.C. Wallace: Agama sebagai seperangkat upacara yang diberi rasionalisasi lewat mitos dan menggerakkan kekuatan supernatural dengan maksud untuk mencapai terjadinya perubahan keadaan pada insan dan semesta.
  • Pengertian Agama Menurut Parsons & Bellah: Agama yakni tingkat yang paling tinggi dan paling umum dari budaya manusia.
  • Pengertian Agama Menurut Luckmann: Agama yakni kemampuan organisme insan untuk mengangkat alam biologisnya melalui pembentukan alam-alam makna yang objektig, memiliki daya ikat tabiat dan serba meliputi.
  • Pengertian Agama Menurut KBBI: Agama yakni sistem yang mengatur tata keimanan/kepercayaan dan peribadatan kepada Yang Mahakuasa Yang Maha kuasa serta kaidah yang berafiliasi dengan pergaulan insan dan insan lainnya.
Sekian uraian perihal Pengertian Agama Menurut para Ahli, biar bermanfaat. 
Referensi:
  • Madjid, Nurcholish. 2008. Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan. Bandung: PT Mizan Pustaka.
  • Sumber lainnya