Pengertian Belajar Menurut para Ahli

Belajar sampaumur ini defenisinya dikonotasikan dengan perubahan tingkah laku (change in behavior). Jika kita membaca buku-buku pendidikan, kita akan menemukan aneka macam defenisi atau pengertian belajar yang dikemukakan oleh para Ahli. Secara umum, belajar ialah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk  peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku ibarat peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan kemampuan lainnya.
Pengertian Belajar
W.S Winkel (1989:6) menunjukkan pengertian berguru sebagai bentuk perubahan diri seseorang yang dinyakatan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru, tanggapan pengalaman dan latihan. Sejalan dengan pengertian itu, Cronbach (1954:45) mengemukakan bahwa learning is shown by a change in behavior as result of experience. Sartain (1973: 240) mengemukakan pengertian berguru sebagai “The process by which a relativity enduring change in behavior occurs a result of experience practice. Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relatif tahan lama sebagai hasil dari pengalaman.
Pengertian belajar lainnya dikemukakan oleh Whiterington (M. Buchori, 1983:3); Belajar ialah suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanisfestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respon tingkah laku yang gres positif dalam perubahan keterampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap. Surya (1985:23) mendefenisikan berguru sebagai suatu proses perjuangan yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang gres secara keseluruhan sebagai pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Sejalan dengan itu, Reber mendefenisikan belajar yaitu Pertama, berguru ialah the process of knowledge, yakni proses memperoleh pengetahuan, Kedua belajar ialah A relatively permanent change in respons potentiality which occurs as result of reinforced practise, yaitu suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relatif langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat.
Berdasarkan beberapa pengertian belajar menurut andal di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa berguru pada hakikatnya merupakan suatu usaha. suatu proses perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri individu sebagai hasil pengalaman atau hasil interaksinya dengan lingkungannya. Perubahan hasil berguru ini hanya berkaitan dengan penambahan kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, pembiasaan diri. Akan tetapi juga bekerjasama dengan perubahan pola-pola respon dari seluruh aspek-aspek kepribadian seseorang yang telah melaksanakan acara belajar.
Sekian uraian wacana Pengertian Belajar Menurut para Ahli, agar bermanfaat.
Referensi:
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT IMTIMA.