Pengertian dan Penyebab Alergi

Pengertian dan Penyebab Alergi | Apa itu alergi? Dalam dunia kesehatan, pengertian alergi yaitu suatu reaksi yang berlebihan dari badan terhadap partikel-partikel tertentu dari luar yang memasuki tubuh. Istilah alergi pertama kali digunakan dalam dunia kedokteran pada tahun 1906 oleh Clemens von Pirquet, seorang dokter anak di Austria. Pirquet melihat alergi ini yaitu sebagai suatu reaksi yang gila dari tubuh. Alergi sebetulnya yaitu hasil dari respon badan terhadap partikel-partikel asing yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh mengadakan reaksi terhadap partikel-partikel asing tersebut melalui sistem kekebalan dan daya tahan badan ibarat ketika penyakit memasuki tubuh, padahal sebetulnya partikel asing yang masuk itu bukanlah penyakit dan tidak membahayakan tubuh. Reaksi badan yang berlebihan ini malah membuat badan menjadi sakit.
Pengertian dan Penyebab Alergi
Pengertian Alergi
Organ badan terhadap partikel asing yang gres memasuki badan menjadi sangat sensitif sekali. Ketika partikel asing itu kembali melaksanakan kontak dengan badan pada kontak berikutnya, sistem pertahanan badan pun akan segera pribadi mengenalinya dan dianggap sebagai penyakit dan harus dilawan. Tubuh mengadakan santunan diri dan melawan partikel-partikel asing yang memasukinya. Akibat perlawanan dari dalam badan inilah biasanya timbul reaksi alergi pada seseorang.
Penyebab terjadinya alergi umumnya disebabkan partikel-partikel yang menjadikan alergi masuk ke dalam badan dan kemudian menjadikan reaksi. Partikel-partikel penyebab alergi ini dalam dunia kesehatan sering disebut Allergen. Allergen penyebab alergi ini biasanya berasal dari banyak sekali sumber yang ada dilingkungan, seperti: serbuk-serbuk sari tanaman, bulu-bulu hewan, racun dari serangga, ataupun bahan-bahan makanan ibarat susu, telur, kacang-kacangan, dll. Dapat pula faktor allergen itu dari bahan-bahan kimia, ibarat pewangi, sabun, bedak, obat-obatan, maupun logam, ibarat kelang, kalung ataupun anting-anting. Di samping itu faktor lingkungan penyebab alergi seperti: polusi udara dan terkadang rokok juga dapat menyebabkan alergi pada seseorang.
Partikel-partikel penyebab alergi dapat masuk ke dalam badan dengan banyak sekali cara, seperti:
  • Melalui saluran pernapasan: Pada ketika bernapas, disamping menghirup Oksigen, dapat juga menghirup partikel-partikel lain yang ada di udara.
  • Melalui makanan: Ketika badan mengonsumsi makanan atau pun obat-obatan, kemungkinan faktor allergen pun mampu masuk melalui saluran pencernaan di dalam tubuh, dan kemudian menyatu dengan fatwa darah dan mampu meransang timbulnya alergi.
  • Melalui sentuhan dengan kulit: Ketika penyebab alergi bersentuhan dengan kulit, maka kulit pada orang yang sensitif itu pun akan bereaksi. Hal ini terjadi karena ketika kulit bersentuhan dengan faktor allergen, partikel-partikel itu diserap oleh kulit dan masuk ke dalam tubuh.
  • Melalui suntukan ke tubuh: Reaksi yang paling berat terjadi yaitu ketika allergen penyebab alergi ini secara tidak sengaja disuntikkan ke badan dan mendapat terusan pribadi ke dalam fatwa darah.
Sekian uraian wacana Pengertian dan Penyebab Alergi. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih,semoga bermanfaat.
Referensi:
  • Graha, Chairinniza. 2010. 100 Questions & Answers: Alergi pada Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.