Pengertian Diagram dan Macam Diagram

Pengertian Diagram dan Macam Diagram | Apa itu diagram? Diagram adalah gambar atau grafik berisi keterangan mengenai hal-hal tertentu. Dalam pengertian yang lain, diagram yaitu gambaran (sketsa, buram) yang menggunakan garis dan simbol untuk memperlihatkan atau pertanda sesuatu. Diagram berfungsi untuk mempermudah pemerincian data, terutama data dalam bentuk angka. Dalam setiap presentasi data, diagram sangat berkhasiat untuk meringkas dan memperpendek informasi yang hendak disajikan. Bahkan, seringkali visualisasi data dalam bentuk diagram sudah cukup memuat seluruh informasi yang akan disampaikan.
Pengertian Diagram dan Macam Diagram
Pengertian Diagram dan Macam Diagram
Terdapat bermacam-macam diagram bentuk diagram yang sering digunakan, yaitu diagram gambar (piktogram), diagram batang, diagram garis (poligon), dan diagram lingkaran.
  • Diagram Gambar (piktogram): Diagram Gambar (piktogram) yaitu data berbentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda yang menyampaikan banyak benda sesungguhnya.
  • Diagram batang: Diagram batang yaitu diagram yang menyampaikan bilangan atau kuantitas yang dinyatakan dalam bentuk persegi panjang atau persegi.
  • Diagram garis: Diagram garis yaitu penyajian data dalam bentuk diagram berupa garis.
  • Diagram lingkaran: Diagram bulat yaitu diagram yang cara penyajiannya dalam bentuk bulat dengan cara membagi-bagi bagian/daerah lingkaran.
Sekian uraian perihal Pengertian Diagram dan Macam Diagram, biar bermanfaat.