Pengertian, Fungsi, Jenis Kolesterol

Pengertian, Fungsi, Jenis Kolesterol | Asal kata kolesterol berasal dari bahasa Yunani, chole yang berarti empedu, dan stereo yang berarti padat. Istilah kolesterol ini pertamakali diperkenalkan pada era ke-18, di mana kolesterol dikala itu ditemukan pada watu empedu. Kolesterol dekat hubungannya dengan lemak, alasannya kolesterol ini memang termasuk dalam keluarga lemak. Namun meskipun begitu, bentuk kolesterol tidaklah sama dengan lemak. Kolesterol merupakan senyawa lemak berbentuk menyerupai lilin berwarna kekuningan. Kolesterol ditemukan pada setiap sel yang ada di dalam tubuh, merupakan zat penting bagi pembentukan organ-organ yang ada di dalam tubuh.
Pengertian, Fungsi, Jenis Kolesterol
Kolesterol
Fungsi kolesterol bagi badan yakni untuk membantu badan membentuk sel-sel sehat. Kolesterol juga berfungsi membantu pembentukan hormon dan juga asam empedu. Tanpa adanya kolesterol pada sel-sel tubuh, jaringan-jaringan di dalam badan akan terbentuk kurang berpengaruh dan kurang stabil, hal ini dapat membahayakan badan secara keseluruhan. Demikian pula dengan sel-sel tubuh, diharapkan kolesterol untuk membangunnya semoga kuat. Bila sel badan tidak kuat, maka badan pun akan mudah rapuh. Itulah fungsi kolesterol yang ada dalam badan kita.
Jenis kolesterol dalam badan terbagi dalam 3 (tiga) jenis. Jenis-jenis kolesterol tersebut tersusun dari kolesterol, protein, dan trigliserida. Tetapi dalam tiap jenis kolesterol susunan ketiga faktor yang menyusunnya itu memiliki jumlah yang berbeda. Jenis kolesterol yang dimaksud antara lain sebagai berikut:
  • Kolesterol LDL: Kolesterol LDL yakni akronim dari kolesterol Low Density Lipoprotein. Kolesterol memiliki jumlah kolesterol yang terbanyak dibanding protein dan trigliserida. Kolesterol LDL ini berfungsi untuk membuatkan kolesterol yang telah diproduksi oleh sel hati ke jaringan-jaringan tubuh.
  • Kolesterol VLDL: Kolesterol VLDL yakni akronim dari kolesterol Very Low Density Lipoprotein. Kolesterol VLDL memiliki jumlah trigliserida yang terbanyak dibanding protein dan kolesterol. VLDL memiliki sifat menyerupai kolesterol LDL tetapi kandungan terbesar yang dimilikinya bukan kolesterol tetapi trigliserida, sebagai salah satu jenis lemak yang ada di dalam darah.
  • Kolesterol HDL: Kolesterol HDL yakni akronim dari kolesterol High Density Lipoprotein. Kolesterol HDL memiliki jumlah protein yang terbanyak dibandingkan trigliserida dan juga kolesterol.
Sekian uraian perihal Pengertian, Fungsi, Jenis Kolesterol, semoga bermanfaat.
Referensi:
  • Graha, Chairinniza. 2010. 100 Questions & Answers: Kolesterol. Jakarta: Elex Media Komputindo.