Pengertian Jurnal (Journal) Transaksi

Jurnal (journal) adalah alat untuk mencatat setiap transaksi yang telah dilakukan. Jurnal adalah catatan harian transaksi atau peristiwa finansial suatu entitas (an entity) berdasarkan urutan waktu (chronological). Isi jurnal berkaitan dengan tanggal terjadinya, perkiraan (dan nomor perkiraan) tertentu yang dikelompokkan ke dalam debet dan kredit, serta nilai transaksi atau peristiwa dalam satuan moneter tertentu. Jurnal merupakan teknis pengesahan (recognition) perkiraan atau akun yang dikelompokkan ke dalam kelompok debet atau kredit, lalu menunjukkan nilai masing-masing perkiraan tersebut. Jurnal merupakan hasil pengukuran (measurement) dalam tahapan analisis terhadap setiap dokumen urusan ekonomi (business documents).
Jurnal merupakan catatan transaksi atau peristiwa ekonomis pertama kali (initial) yang dilakukan oleh sebuah entitas berdasarkan analisa terhadap masing-masing dokumen bisnis. Jika salah menyusun jurnal, maka salah menyusun laporan keuangan. Berbagai perusahaan dapat saja memiliki beragam format jurnal. Namun, terdapat satu format dasar yang seharusnya diaplikasikan oleh setiap perusahaan, yaitu jurnal umum (general journal). Dalam praktik bisnis, format jurnal umum mempunyai lajur sebagai berikut:
  • Tanggal (date) untuk mencatat tanggal terjadinya transaksi atau peristiwa.
  • Nomor vocer (voucher number) untuk mencatat nomor vocer yang mendasari penjurnalan.
  • Keterangan (description) untuk menjelaskan secara singkat transaksi atau urusan ekonomi yang dimaksud jurnal tersebut.
  • Nama perkiraan (account name) untuk mencatat nama perkiraan terkait.
  • Nomor perkiraan (account number) untuk mencatat nomor perkiraan terkait sesuai dengan yang terdaftar dalam perkiraan (chart of accounts).
  • Debet (debet) untuk mencatat nilai transaksi atau peristiwa perkiraan sisi debet.
  • Kredit (credit) untuk mencatat nilai transaksi atau peristiwa perkiraan sisi kredit.
Pada umumnya buku-buku pelajaran akuntansi menghapus kolom nomor vocer dan keterangan yang dituliskan di bawah nama-nama perkiraan di setiap jurnal. Sekian uraian perihal Pengertian Jurnal (Journal) Transaksi, biar bermanfaat.

Referensi:

  • Suharni, Michell. 2009. Pelaporan Keuangan Sesuai dengan Prinsip Akuntansi. Jakarta: Grasindo.