Pengertian Promosi Menurut para Ahli

Pengertian Promosi Menurut para Ahli | Promosi berasal dari kata bahasa Inggris promote yang berarti “meningkatkan” atau “mengembangkan”. Pengertian tersebut bila digunakan dalam bidang penjualan berarti alat untuk meningkatkan omzet penjualan. Pengertian promosi dapat dipandang berbeda dalam hal produsen dan konsumen. Bagi produsen, promosi yakni acara untuk menginformasikan produk atau jasa, membujuk konsumen untuk membeli serta mengingatkan para konsumen untuk tidak melupakan produk. Sementara bagi konsumen, pengertian promosi yakni komunikasi antara produsen dan konsumen. Kegiatan promosi yakni salah satu cara perusahaan (barang/jasa) untuk meningkatkan volume penjualan produknya.
Pengertian Promosi Menurut para Ahli
Ilustrasi
Selain pengertian di atas, menarik juga untuk disimak pengertian promosi yang pernah diuraikan oleh beberapa ahli, diantaranya:
  • Menurut Stanton (1993): Promosi yakni acara menawarkan informasi kepada konsumen, memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai.
  • Menurut Saladin (2003): Promosi yakni salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen wacana produk perusahaan.
  • Menurut Swastha (1991): Promosi yakni arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
  • Menurut Zimmerer (2002): Promosi yakni segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan wacana produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka semoga membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan.
Dari beberapa pengertian promosi di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa promosi merupakan acara pemasaran dan penjualan dalam rangka menginformasikan dan mendorong ajakan terhadap produk, jasa, dan ilham dari perusahaan dengan cara memengaruhi para konsumen semoga mau membeli produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. 
Sekian uraian wacana Pengertian Promosi Menurut para Ahli, semoga bermanfaat.

Referensi:

  • Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.