Pengertian Sosiologi Menurut para Ahli

Sosiologi terdiri dari dua kata yaitu sosio dan logi. Sosio berasal dari bahasa Latin yaitu socius yang berarti teman, kawan, atau masyarakat. Sedangkan logi berasal dari bahasa Yunani yaitu logos yang berarti kata atau berbicara. Jadi, sosiologi berarti berbicara mengenai teman, kawan, atau masyarakat. Pengertian secara harfiah ini menawarkan bahwa kajian ilmu sosiologi menitikberatkan pada ilmu wacana kekerabatan individu maupun kelompok dalam kehidupan bersama masyarakat. 
Pengertian Sosiologi
Secara umum, sosiologi adalah cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari atau berobjekkan masyarakat yang dilihat dari kekerabatan antarmanusia, baik secara langsung maupun sebagai anggota kelompok dan proses timbul dari kekerabatan insan tersebut. Ada beberapa defenisi sosiologi yang dikemukakan oleh para hebat yang didasarkan atas sudut pandang dan perhatian hebat terhadap sosiologi. Berikut ini Pengertian Sosiologi Menurut para Ahli:
  • Menurut Auguste Comte: Auguste Comte dalam Positive Philosophy (1838) menyatakan bahwa sosiologi ialah ilmu positif wacana masyarakat. Ia meyakini bahwa masyarakat perlu dipahami dengan cara observasi dan penjabaran yang sistematis, bukanya melalui kekuasaan dan spekulasi. Comte di dalam mempelajari masyarakat membutuhkan pendekatan akademik dengan observasi dan penjabaran yang sistematis sehingga dapat memahami masyarakat sesuai dengan kaidah ilmu pengetahuan.
  • Menurut Max Weber: Menurut Max Weber, sosiologi ialah ilmu yang berafiliasi dengan pemahaman interpretatif mengenai acara atau tindakan sosial (social action) insan atau mansyakat. Pemahan interpretatif dimaksudkan biar dalam menganalisis dan mendeskripsikan masyarakat tidak sekedar yang tampak saja, melainkan diperlukan interpretasi biar penjelasan wacana individu dan masyarakat tidak keliru.
  • Menurut Emile Durkheim: Emile Durkheim menyatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari fenomena atau fakta sosial. Fakta sosial tersebut dapat diamati, dirasakan, memiliki sifat eksternal, memaksa, dan umum.

Sekian uraian wacana Pengertian Sosiologi Menurut para Ahli, semoga bermanfaat.