Tips Cara Memberi Nama Pulau-Pulau Kecil Tanpa Nama di Indonesia

Indonesia yaitu negara kepulauan yang paling besar di seluruh dunia.  Negara Indonesia mempunyai 13.000 pulau lebih yang mampu berubah-ubah jumlahnya dari waktu ke waktu.  Pulau-pulau muncul dan karam dari waktu ke waktu tanggapan banyak sekali faktor.  Dari jumlah pulau sebesar itu pemerintah mengalami kesulitan untuk memberi nama sejumlah pulau kecil yang tersebar di seluruh pelosok nusantara.  Sebagai warga negara yang baik tidak ada salahnya untuk membantu peran pemerintah untuk memberi nama pulau-pulau yang tidak bernama.

Cara ini membutuhkan banyak waktu, biaya dan tenaga.  Hasilnya pun juga belum tentu berhasil diakui oleh pemerintah negara kita.  Namun setidaknya anda telah menghasilkan sesuatu yang penting untuk banyak orang.  Berikut di bawah ini yaitu cara-caranya :

1. Kumpulkan Data

Carilah data-data mengenai pulau-pulau yang ada di Indonesia baik pulau yang sudah ada namanya maupun pulau yang sudah ada namanya.  Siapkan pula banyak sekali perangkat canggih untuk menemukan pulau-pulau tersebut dari peta yang ada.  Bila perlu lakukanlah kerjasama dengan instansi pemerintah terkait yang dapat melegalisasikan pertolongan nama pulau yang ada lakukan.

2. Siapkan Nama Pulau

Dari pulau-pulau yang belum berjulukan buatlah nama untuk mereka.  Nama yang dibuat haruslah bagus, unik, menarik, simpatik, dan tidak sama dengan pulau lainnya yang ada di dunia.  Jika nama yang dibuat kurang cantik mampu menimbulkan penolakan dari banyak sekali pihak.

3. Siapkan Bahan-Bahan

Persiapkanlah bahan-bahan bangunan untuk membuat semacam bangunan prasasti kecil yang mengambarkan anda pernah datang ke pulau tersebut dan memberi nama pulau tersebut.  Siapkan juga bendera merah putih untuk ditancapkan di pulau-pulau yang diberi nama.  Bawa juga banyak sekali perangkat dokumentasi untuk mendokumentasikan gambaran situasi pulau dan juga acara pertolongan nama pulau tersebut.  Jangan lupa menyiapkan logistik banyak sekali materi kebutuhan sehari-hari yang diharapkan untuk bertahan hidup dalam banyak sekali situasi dan kondisi.

4. Berangkat Ke Pulau

Sewalah perahu penjelajah beserta awak kapal yang berpengalaman untuk pergi ke pulau-pulau tidak berjulukan yang mungkin saja belum pernah ada orang yang menjejakkan kaki di pulau tersebut.  Dokumentasikan dengan video dan foto acara penjelajahan anda.  Abadikan situasi pulau tersebut dengan alat perekam yang ada ibarat hewan yang ada, tumbuhan yang ada, hal-hal unik yang ada, pantai yang ada, dan lain sebagainya.  Selanjutnya buat prasasti kecil untuk mengabadikan acara petualangan anda serta jangan lupa menancapkan bendera merah putih di pulau tersebut.

5. Publikasikan Nama Pulau Anda

Hal penting terakhir yang harus anda lakukan yaitu anda harus membuat semacam publikasi kepada khalayak ramai.  Mempublikasikan foto dan video acara anda di internet, media massa, buku dan juga melaporkan hasil acara anda ke pemerintah biar menerima respon balik.  Mudah-mudahan hasil penamaan pulau dari anda dapat diterima oleh masyarakat luas.

Itulah beberapa wangsit nyeleneh yang ketika ini ada di kepala saya.  Sangat ironis sekali di mana negara kita mempunyai ribuan pulau, namun banyak yang belum didokumentasikan dan bahkan belum diberi nama.  Semoga goresan pena singkat ini dapat bermanfaat untuk bangsa dan negara kita Indonesia.  Terima kasih.