Ilmuwan Berhasil Ubah Alga Jadi Minyak Bumi Dalam Satu Jam

Umumnya, butuh 65 juta tahun untuk mengubah material dari tumbuhan menyerupai alga menjadi minyak bumi. Namun, dengan rekayasa, sekarang ilmuwan memperpendek proses itu menjadi hanya satu jam.

Teknik pemrosesan tersebut dikembangkan oleh Douglas C Elliot dan timnya dari Pacific Northwest National Laboratory (PNNL) yang dijalankan di bawah Departemen Energi, Amerika Serikat. Hasil studi dipublikasikan di Algal Research.

Diuraikan I Fucking Love Science, untuk mengubah alga menjadi minyak bumi, proses pertama yang dilakukan ialah menciptakan bubur alga.

Bubur alga itu dimasukkan dalam sebuah reaktor dan lalu dipanaskan sampai mencapai suhu 350 derajat celsius serta tekanan sampai 3.000 PSI. Kondisi dalam reaktor itu menyerupai dengan kondisi di bawah permukaan Bumi selama jutaan tahun.

Kurang dari satu jam sesudah bubur alga masuk ke reaktor itu, terbentuklah adonan hitam yang terdiri atas minyak bumi, air, dan produk sampingan yang sanggup didaur ulang.

Sekali minyak bumi sanggup diisolasi dari adonan itu, ilmuwan sanggup mendulang bensin, solar, dan materi bakar jet dengan proses menyerupai yang dilakukan ketika ini. Produk sampingannya sendiri berupa potasium dan nitrogen, sanggup dikembalikan ke proses awal, dengan memberi makan alga.

Alga telah usang diketahui berpotensi sebagai sumber energi. Namun, selama ini, pemanfaatannya terkendala proses pengolahan yang lama.

Teknik yang dikembangkan PNNL menjadi solusi. Bila biasanya pemanenan biofuel dari alga harus dimulai dengan proses pengeringan yang lama, sekarang proses sanggup dipersingkat sehingga pemanfaatan alga untuk energi lebih viable.

Hambatannya ketika ini ialah soal biaya. Teknologi gres ini punya biaya operasi yang besar, yakni teknologi reaktornya.

Agar sanggup lebih murah, PNNL melisensikan teknologinya kepada Genifuel Corporation. Selanjutnya, perusahaan itu akan membangun reaktor dengan skala yang lebih besar.

Sumber :
kompas
Sumber http://www.apakabardunia.com