Indahnya Kumpulan Galaksi Terjauh Yang Berhasil Diungkap Hubble

Teleskop antariksa Hubble mengabadikan gambaran yang mengagumkan, pemandangan terjauh di jagat raya. Pemandangan ini mengungkap ribuan galaksi berjarak miliaran tahun cahaya dari Bumi.

Citra yang dihasilkan disebut eXtreme Deep Field (XDF). Citra dihasilkan dari kombinasi pengamatan teleskop Hubble selama 10 tahun pada sepetak langit. Beberapa galaksi yang diungkap lewat gambaran ini bahkan sepermiliar lebih redup dari yang sanggup dilihat manusia.

XDF ialah sekuel dari gambaran Hubble Ultra Deep Field yang diambil tahun 2003 dan 2004. Namun, XDF menyuguhkan gambaran yang lebih jauh sampai masa 13,2 miliar tahun yang lalu. Semesta sendiri tercipta 13,7 miliar tahun kemudian lewat Big Bang.

“XDF ialah gambaran yang paling dalam yang pernah didapatkan dan mengungkap galaksi paling jauh dan redup yang pernah dilihat,” kata Garth Illingworth dari University of California, Santa Cruz.

“XDF memungkinkan kita mengeksplorasi waktu jauh ke belakang,” tambah pimpinan invesgitasi Hubble Ultra Deep Field tahun 2009 ini, ibarat dikutip Space.com.

Dalam gambaran tersebut, terungkap ragam bentuk galaksi, mulai yang berbentuk spiral ibarat Bimasakti, sampai yang berupa gumpalan, sebagai hasil dari tumbukan antar-galaksi. Galaksi yang kecil dan redup yang sanggup jadi merupakan biji dari galaksi ketika ini pun tampak.

XDF bergotong-royong hanya menyuguhkan galaksi yang berada di bab selatan konstelasi Formax. Area wilayah ini hanya sepersekian dari area Bulan Purnama. Di wilayah itu saja, Hubble sudah mengungkap 5.500 galaksi.

XDF pun mengungkap galaksi termuda yang pernah ada, berumur hanya 450 tahun lebih muda dari Big Bang. Hubble diluncurkan pada tahun 1990 atas kolaborasi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA dan European Space Agency.

Sumber :
kompas.com

Sumber http://www.apakabardunia.com