Spesies Terlangka: Kumbang Tanpa Kepala?

Ross Winton, mantan mahasiswa ilmu serangga di Montana State University sedang melaksanakan penelitian di sebelah tenggara Montana. Tiba-tiba beliau terkejut menemkan serangga kecil, seekor kumbang berjalan walau tanpa kepala.

Winton pribadi mengadakan penelitian lebih jauh. Ternyata kumbang tersebut punya keistimewaan, yakni dapat menyembunyikan kepala menyerupai kura-kura. Ladybug, atau kumbang koksi ini diperkirakan sebagai serangga paling langka di dunia.

 

 edmontonjournal.com
 “Spesies kecil ini dikenali hanya dari dua ekor saja, satu pejantan dan satu betina. Karena hal ini, serangga tersebut memenuhi syarat untuk menjadi spesies paling langka di Amer ika Serikat (AS),” ujar seorang entomolog di Montana State University sekaligus mantan pembimbing Winton, Michael Ivie.

Saat ini yang menambah ingin tau Winton adalah, memeriksa biologi koksi. Apalagi hanya serangga jenis ini yang dapat menarik kepalanya ke dalam tubuh. Tapi mungkin harus menunggu sampai ditemukan koksi lain sebelum Winton tetapkan untuk mengambil pisau bedah guna mencari tahu anatomi si koksi.

“Spesies ini sangat tidak umum alasannya ukurannya yang kecil, habitat yang unik dan kelangkaannya. Namun fakta bahwa kumbang tersebut menyembunyikan kepala ke dalam leher menciptakan biologinya menjadi misteri,” pungkas Winton.

Sumber: Live Science


Sumber http://www.apakabardunia.com